Dukung Bisnismu dengan MPS sebagai Payment Gateway Solution


Thumbnail

Transaksi online saat ini sangat menguntungkan para pebisnis karena dapat mengurangi biaya transaksi bisnis, dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, serta dapat memperbaiki kualitas pelayanan kepada pelanggan.

Maka dari itu, penting bagi bisnis digital untuk memilik platform sistem pembayaran yang kuat, karena kemudahan dan jaminan kepercayaan sistem pembayaran online menjadi hal yang di cari oleh konsumen.

Inilah yang akhirnya memunculkan aplikasi payment gateway untuk membantu penjual dan pembeli melakukan transaksi secara online. Dengan memanfaatkan portal yang menghubungkan langsung pembayaran antara pembeli dan penjual, payment gateway ini memberikan kemudahan dan kecepatan transaksi. Beberapa perusahaan penyedia layanan payment gateway dapat menerima transaksi dari berbagai e-money, berbagai bank dan melakukan pemindahan (transfer) dana antar bank.

Berdasarkan grafik diatas, terlihat bahwa tansaksi e-commerce di Indonesia menunjukkan pertumbuhan selama 5 tahun terakhir mulai dari tahun 2014 hingga tahun 2018. HalĀ  ini dikarenakan adanya penduduk Indonesia yang mencapai 250 juta penduduk membuat potensi perkembangan e-commerce sangat besar dan didukung dengan penetrasi pengguna internet yang terus bertambah. Berkembangnya e-commerce di Indonesia juga diikuti dengan perkembangan pembayaran digital di Indonesia. Pembayaran digital ini dipercaya masyarakat Indonesia memberikan kemudahan dalam bertransaksi secara online.

Berikut ini  merupakan data pertumbuhan transaksi digital di Indonesia selama tahun 2015 hingga 2019:

Berdasarkan grafik diatas, Bank Indonesia telah mencatat bahwa transaksi digital di Indonesia mengalami pertumbuhan selama 5 tahun terakhir dan terjadi peningkatan yang signifikan selama satu tahun terakhir. Transaksi digital tercatat meningkat sebesar Rp 145,2 Triliun pada tahun 2019, yang semula hanya Rp 47,2 Triliun pada tahun 2018. Hal ini membuktikan bahwa semakin banyaknya masyarakat Indonesia yang sadar akan mudah dan efisiensinya melakukan transaksi secara online seperti melalui credit/debit card, e-wallet, virtual account, dan transaksi online lainnya.

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) telah melakukan inovasi seiring dengan perkembangan teknologi digital demi kemajuan bisnis digital di Indonesia. Berbagai macam sistem pembayaran digital diluncurkan oleh Telkom, salah satunya adalah Merchant Payment Solution (MPS). MPS adalah platform enabler pembayaran online yang menyediakan berbagai alat pembayaran (Source of Fund) untuk kebutuhan pembayaran produk internal Telkom. MPS  ini sudah terbentuk sejak 11 Juli 2019. 

Sampai saat ini, MPS telah melakukan kerjasama dengan beberapa produk digital antara lain My Pertamina, Mangoesky, aidea.space, ITX (Indonesia Tourism Exchange), OCA (Omni Communication Assistant), MyIndiHome, IndiHome Study, dan Pijar Mahir. Dan saat ini ada juga beberapa merchant yang sudah terdaftar dan dalam proses integrasi dengan MPS diantaranya ChatAja, Agree Market, Vutura, dan Antares. Tidak berhenti disitu, MPS akan selalu berinovasi dan hadir dalam permasalahan transaksi online yang sering terjadi dalam bisnis digital di Indonesia khususnya untuk pembayaran produk internal Telkom. 

MPS menyediakan beberapa pilihan metode pembayaran untuk mendukung transaksi bisnis para merchant, antara lain :

  1. Credit Card : Visa dan Mastercard
  2. Virtual Account (Bank Transfer) : Bank Mandiri, Maybank, CIMB Niaga, Bank BRI, Bank BNI, Permata Bank, dan Bank Danamon 
  3. Direct Debit : E-pay BRI dan Jenius
  4. E-Money : Link Aja!
  5. QR Payment : QRIS

Biaya transaksi yang dikenakan MPS sangatlah terjangkau dan bervariasi. Tidak lebih dari Rp 5.000, customer bisa melakukan berbagai transaksi online ke berbagai bank yang ditentukan oleh penjual. 

Cara kerja MPS sama dengan cara kerja payment gateway pada umumnya. Jadi, apabila customer telah melakukan pembelian produk atau jasa pada website e-commerce tertuju, maka MPS akan meneruskan pemesanan dan metode pembayaran untuk verifikasi ke bank yang ditentukan penjual. Customer dapat melakukan proses pembayaran seperti biasa. Setelah itu, baik penjual maupun pembeli akan mendapatkan notifikasi apakah transaksi yang dilakukan berhasil atau gagal. 

MPS memiliki beberapa keunggulan sebagai solusi untuk para bisnis digital dalam melakukan transaksi online, antara lain :

  1. Mudahnya registrasi tanpa ribet melakukan PKS (Perjanjian Kerja Sama)
  2. Mudahnya integrasi dalam penyediaan channel pembayaran
  3. Kustomisasi channel pembayaran sesuai dengan keinginan merchant
  4. Kemudahan memilih alat bayar dengan harga terjangkau

Banyak sekali keuntungan dengan hadirnya payment gateway di Indonesia terutama untuk  e-commerce, UMKM, bisnis, dan produk digital lainnya yang sangat dimudahkan dalam melakukan transaksi online. Pada umumnya, payment gateway sudah memiliki sebuah metode yang unik untuk mendeteksi terjadinya penipuan sehingga sudah terjamin kemanannya.

Maka dari itu, para bisnis digital perlu menggunakan payment gateway untuk sistem pembayarannya agar kemudahan bertransaksi online dapat lebih cepat, aman, mudah dilakukan dan berbagai manfaat akan dirasakan baik oleh pembeli maupun penjual. Kemudahan tersebut Anda bisa dapatkan di MPS dan Anda dapat langsung integrasikan merchant Anda dengan Kami disini.