Mengenal Virtual Account dan Manfaatnya


Thumbnail

Hampir semua perusahaan memiliki masalah rekonsiliasi dan jumlah pelanggan ataupun transaksi pembayaran yang diterimanya sangatlah banyak. Disamping harus mencocokkan buku transaksi pembayaran, nomor pelanggan, dan dana yang masuk, perusahaan juga seringkali dipersulit dengan adanya dana yang masuk tetapi tidak dilengkapi dengan informasi transaksi pembayaran apa yang dilakukan oleh pelanggan.

Untuk menjawab permasalahan tersebut, bank menghadirkan inovasi terbarunya yaitu Virtual Account yang akan mempermudah perusahaan melakukan proses rekonsiliasi dari sekian banyak transaksi pembayaran yang masuk dari pelanggan. 

Virtual Account merupakan nomor rekening tidak nyata yang berisi nomor identifikasi pelanggan yang dibuat oleh Bank. Pembuatan nomor virtual dapat dilakukan atas permintaan perusahaan dalam rangka mempermudah transaksi pembayaran. Ketika memilih jenis pembayaran virtual, pelanggan akan memperoleh nomor virtual yang bebas dan unik berdasarkan Bank.

Virtual Account ini tentunya berbeda dengan transfer bank pada umumnya. Perbedaan yang sangat signifikan yaitu jika transfer bank tidak memiliki nomor identifikasi pelanggan, memerlukan biaya transfer, dan pelanggan perlu memberikan bukti transfer ke perusahaan sedangkan Virtual Account memiliki nomor identifikasi pelanggan, tidak memerlukan biaya transfer, dan tidak perlu memberikan bukti transfer.

Cara kerja Virtual Account

Cara kerja Virtual Account pun cukup sederhana. Setiap akun rekening perusahaan yang terdaftar pada bank akan digunakan perusahaan untuk menerima pembayaran dari pelanggannya. Setiap pelanggan memiliki satu Virtual Account yang digunakan untuk aktivitas perbankan atau transaksi lainnya. Setiap ada pelanggan baru, bank akan melakukan pembuatan Virtual Account atas permintaan perusahaan. Pelanggan nantinya akan melakukan pembayaran dengan menyetor ke Virtual Account yang telah ditentukan oleh perusahaan. Setoran pelanggan akan secara real time masuk ke rekening perusahaan. Setiap harinya, bank akan mengeluarkan data yang dapat di interface kan langsung ke sistem informasi milik perusahaan. Data inilah yang diolah oleh sistem informasi yang dapat mengotomatisasi proses rekonsiliasi untuk mengidentifikasi pembayaran masuk dari pelanggan. Proses otomatisasi ini pastinya akan mengurangi human error yang akan terjadi dan akan menghasilkan laporan pembayaran dari pelanggan dengan lebih mudah. 

Maka dari itu, manfaat yang diberikan dengan menggunakan virtual account akan berdampak kepada kedua belah pihak baik perusahaan maupun pelanggan antara lain:

Bagi perusahaan

  • Dapat memudahkan identifiksi pembayaran yang masuk
  • Kemudahan dalam merekonsiliasi sehingga lebih mudah, cepat dan akurat
  • Mengurangi manual dalam reporting 
  • Mengurangi human error dengan tingkat keamanan yang tinggi
  • Informasi transaksi real time

Bagi pelanggan

  • Aman karena munculnya konfirmasi nama ketika melakukan transaksi 
  • Bebas biaya untuk setoran
  • Tidak harus menyerahkan bukti transaksi 
  • Tidak harus memiliki rekening bank

MPS telah bekerjasama dengan berbagai bank ternama seperti Bank BRI, BNI, Mandiri, Maybank, Permata Bank, CIMB, dan Danamon. Dengan mengintegrasikan merchant Anda dengan MPS, Anda dapat langsung mengakses Virtual Account yang berasal dari bank-bank tersebut.

Bagi Anda yang memiliki merchant dan ingin memudahkan pelanggan Anda dalam melakukan transaksi pembayaran secara digital, kini saatnya integrasikan merchant Anda dengan MPS disini, karena MPS memberikan solusi sistem pembayaran yang aman, cepat dan mudah khususnya dalam metode pembayaran menggunakan Virtual Account.