Apa yang bisa kami bantu untuk kebutuhan produk Internal Telkom yang kamu kelola?

Istilah Pembayaran

Nominal yang MPS terima pada saat user melakukan transaksi.

Harga dari suatu produk yang dikeluarkan oleh merchant.

Nominal yang disetorkan dari tim settlement (MPS) yang telah dikurangi biaya transaksi ke rekening merchant.

Biaya yang dikenakan kepada merchant untuk setiap kali melakukan transaksi dalam bentuk fix fee (nilai nominal).

Potongan atau fee yang dibebankan kepada merchant terkait dengan kegiatan transaksi yang dilakukan dalam bentuk presentase.

Data/Kode unik yang dibuat oleh merchant untuk mengidentifikasi setiap pesanan user. Order ID juga berfungsi untuk pencocokan data (rekonsiliasi) antara merchant dengan MPS.

Data/Kode unik yang dibuat oleh MPS untuk mengidentifikasi setiap transaksi yang diterima dari mitra SoF (Source of Fund).

Data/Kode unik yang di buat oleh MPS untuk merchant yang berfungsi untuk mengidentifikasi setiap invoice yang dikeluarkan oleh merchant. Selain itu, Invoice ID juga berfungsi untuk pencocokan data (rekonsiliasi) antara sistem merchant dengan MPS.

Application Programming Interface (API) yaitu sebuah software yang memungkinkan para developer untuk mengintegrasikan dan mengizinkan dua aplikasi yang berbeda secara bersamaan untuk saling terhubung satu sama lain.

Dashboard pada MPS berfungsi untuk memperlihatkan hasil rekapitulasi transaksi yang dilakukan pada bulan yang sedang berjalan, melihat detail transaksi user seperti tanggal transaksi, status pembayaran, nominal pembayaran, dan channel pembayaran yang digunakan.

Standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia, di mana satu QR Code dapat dipindai oleh seluruh aplikasi yang menyediakan pembayaran dengan QR Code

Kartu yang berisi saldo dengan limit tertentu dimana saldo tersebut bisa digunakan dalam transaksi pembayaran apapun yang akan dibayar kemudian pada periode waktu yang telah ditentukan.

 Uang elektronik yang berbasis chip yang ditanamkan pada sebuah kartu dimana dalam penggunaannya harus mengisi saldo terlebih dahulu untuk melakukan transaksi pembayaran.

Fasilitas pembayaran online dengan menghubungkan jenis sumber dana nasabah bank tertentu pada situs dan/atau aplikasi merchant menggunakan akun bank yang disediakan oleh merchant.

Perjanjian kerjasama atau perjanjian utama yang memuat ketentuan mengenai bagaimana suatu kerja sama tersebut dijalankan termasuk hak dan kewajiban para pihak yang bersangkutan.

Sistem pembayaran yang menggunakan sebuah barcode atau QR (Quick Response) code yang akan discan dan membutuhkan koneksi internet pada saat melakukan transaksi pembayaran.

Nomor identifikasi merchant yang dibuat oleh bank atas permintaan MPS untuk selanjutnya diberikan kepada merchant sebagai Nomor Rekening Tujuan Penerimaan.

Produk dompet digital dengan menggunakan aplikasi dalam penggunaannya. Penggunaan e-wallet merujuk pada uang elektronik yang berbasis server, sehingga dalam penggunaannya, konsumen harus terkoneksi dengan internet dan server penerbit.

 Suatu tempat untuk kegiatan jual/beli yang dilakukan secara online.

Gerbang pembayaran yang biasanya disediakan oleh sebuah layanan aplikasi e-commerce/merchant berguna untuk mengotorisasi pemrosesan pembayaran secara elektronik/online.

Proses penyelesaian transaksi yang telah diterima oleh Merchant dari User.

Faktur atau dokumen penagihan yang dikeluarkan oleh penjual kepada pembeli yang menunjukkan jumlah dan biaya yang harus dibayarkan setelah membeli sesuatu.