Frequently Asked Questions


Thumbnail
  1. Informasi apa yang perlu disiapkan untuk pendaftaran MPS?
    – Tentukan biaya transaksi pembayaran mau dikenakan ke siapa? Ke user atau product owner.
    – Tentukan waktu settlementnya: harian atau bulanan.
    – Siapkan No. KTP, No. KK, dan softcopy KTP.
    – Siapkan No. rekening untuk settlement.
    – Siapkan No. GL Account dan informasi Pendapatan Produk akan diakui sebagai pendapatan apa.
  2. Bagaimana mekanisme settlement di MPS?
    Kami melakukan rekonsiliasi data setiap hari dan data yang telah disettle akan kami kirim ke merchant berdasarkan pilihan jenis settlement: harian atau bulanan. Hampir seluruh merchant di internal Telkom menggunakan jenis settlement bulanan untuk mempermudah rekap data.
  3. Apakah MPS melayani settlement langsung ke user?
    Untuk saat ini, MPS belum bisa mengakomodir kebutuhan merchant untuk melayani settlement langsung ke user.
  4. Apakah MPS melayani refund?
    Untuk saat ini, MPS belum bisa refund.
  5. Bagaimana melihat status transaksi dan notifikasi pembayaran yang sudah atau belum diterima merchant?
    Anda bisa mengakses status transaksi dan notifikasi pembayaran tersebut di dashboard merchant. Disana sudah menampilkan informasi secara lengkap yang dibutuhkan oleh merchant/ developer.
  6. Apa saja status transaksi yang dikirim MPS ke merchant?
    Paid, Unpaid, Cancelled, Expired
  7. Apa saja status notifikasi pembayaran yang dikirim MPS ke merchant?
    On Process, Retrying, Suspect, Sent, Failed
  8. Jika status transaksi berhasil tetapi tidak ada notifikasi di sistem merchant, bagaimana cara menanganinya?
    i) Login ke halaman dashboard merchant.
    ii) Klik menu Payment Notification,
    iii) Masukkan nomor invoice yang mau dicari statusnya di field Invoice Number.
    iv) Pilih tombol Cari Data.
    v) Liat statusnya di field Notif Status. Jika Suspect, Anda bisa klik tombol resend di field Action untuk mengirim ulang notifikasi tersebut ke sistem Anda.