Kebijakan

Kebijakan Privasi ini untuk menjelaskan bagaimana PT Telkom Indonesia, Tbk selaku pemilik produk layanan (“TELKOM”) secara elektronis mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan, mengirimkan, menyimpan, mengolah, menguasai, mentransfer serta melindungi informasi pribadi merchant ataupun pemegang kartu atau pengguna akhir. 

Dalam kebijakan privasi ini, pengunjung ke situs MPS, pengguna dari salah satu atau lebih layanan TELKOM akan merujuk kepada “Merchant” dan pelanggan atau pengguna dari suatu layanan yang diberikan oleh Merchant akan merujuk kepada “Pelanggan”. Kebijakan ini tidak berlaku untuk situs, produk, atau layanan pihak ketiga bahkan dalam hal mereka tertaut dengan MPS, dan Pengguna harus memperhatikan praktik privasi pihak ketiga tersebut dengan sesama. Mohon untuk membaca Kebijakan Privasi ini dengan seksama untuk memastikan bahwa Merchant memahami proses pengolahan data MPS.

Dalam hal Merchant tidak setuju dengan praktik yang akan dijelaskan dalam kebijakan ini, maka Merchant harus mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menghapus cookie dari perangkat Merchant setelah meninggalkan layanan MPS dan menghentikan penggunaan layanan MPS oleh Merchant.

    1. Data Yang TELKOM Kumpulkan

MPS mengumpulkan informasi yang mengidentifikasi atau dapat digunakan untuk mengidentifikasi, menghubungi, atau menemukan orang atau perangkat yang terkait dengan informasi tersebut (selanjutnya disebut “Informasi Pribadi”). MPS dapat mengumpulkan informasi dalam berbagai macam bentuk dan tujuan (termasuk tujuan yang diperbolehkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku). MPS mengumpulkan data pribadi ketika merchant mendaftar untuk membuat akun MPS, seorang Pelanggan melakukan pembayaran atau transaksi melalui situs atau aplikasi Merchant, Merchant maupun Pelanggan merespons email atau survei yang dilakukan oleh MPS. MPS juga menerima data pribadi dari berbagai sumber lain, seperti mitra TELKOM, penyedia layanan keuangan, dan sumber-sumber lain yang tersedia untuk umum.

      1. Pengumpulan Informasi pribadi Merchant
        1. Informasi umum yang meliputi nama, alamat kantor, alamat e-mail, dan nomor telepon Merchant.
        2. Informasi pendukung yang meliputi nama resmi usaha atau perusahaan yang didaftarkan oleh Merchant, Kartu Tanda Penduduk (KTP) dari direksi apabila badan usaha atau KTP pemilik apabila perseorangan, dokumen korporasi Merchant, jenis usaha Merchant, website Merchant, izin usaha Merchant, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), serta data rekening bank milik Merchant.
        3. Informasi mengenai transaksi internet Merchant, termasuk namun tidak terbatas pada besaran nilai transaksi yang dilakukan pada situs MPS, setelah Merchant berhasil terhubung dengan sistem MPS.
      2. Pengumpulan Informasi Pribadi Pelanggan

MPS akan melakukan pengumpulan informasi Pribadi Pelanggan pada saat Pelanggan menggunakan layanan MPS terkait pembelian barang dan/atau jasa yang dijual/ditawarkan oleh Merchant. Informasi Pribadi Pelanggan yang TELKOM kumpulkan termasuk namun tidak terbatas pada:

        1. Informasi terkait pemasaran atau pembelian barang dan/atau jasa sesuai spesifikasi dan informasi yang diperlukan dalam pelaksanaan pembayaran;
        2. Jenis uang elektronik, nama pengguna uang elektronik dan nomor telepon pengguna uang elektronik;
        3. Alamat penagihan, alamat pengiriman, nomor telepon, e-mail, serta IP address Pelanggan; dan
        4. MPS dapat mengumpulkan informasi dalam berbagai macam bentuk dan tujuan (termasuk tujuan yang diperbolehkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku)
      1. Pengumpulan Data Lainnya

Data lainnya merupakan data yang bukan merupakan Data Pribadi. MPS mengumpulkan data lainnya melalui berbagai sumber. Salah satu data sumber data lain MPS adalah cookie dan teknologi lainnya yang merekam data terkait penggunaan situs MPS, situs yang mengimplementasikan layanan MPS, dan penggunaan layanan MPS secara umum. Data lainnya yang MPS kumpulkan antara lain:

        1. Data browser dan perangkat, seperti alamat IP, jenis perangkat, sistem operasi dan jenis internet browser, resolusi layer, nama serta versi dari sistem operasi, Bahasa, plugins, add-ons, serta versi dari layanan MPS yang digunakan;
        2. Data transaksi, seperti pembelian, jumlah pembelian, tanggal pembelian, dan metode pembayaran; dan
        3. Cookie dan data teknologi pelacakan, seperti waktu yang dihabiskan pada layanan, halaman yang dikunjungi, dan preferensi bahasa
    1. Penggunaan Informasi Pribadi

MPS dan penyedia layanan MPS akan menggunakan data pribadi untuk: menyediakan layanan kepada Merchant dan Pelanggan, mendeteksi dan mencegah penipuan, memitigasi kerugian finansial atau bahaya lainnya yang mungkin akan terjadi kepada Merchant, Pelanggan maupun MPS, dan mempromosikan, menganalisis dan meningkatkan produk, sistem dan alat-alat MPS.

      1. Penggunaan Informasi Merchant
        1. Untuk melakukan uji tuntas terhadap Merchant dalam rangka kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku;
        2. Untuk mengevaluasi permohonan untuk menggunakan layanan MPS;
        3. Untuk melakukan pengawasan baik secara manual maupun sistem atas penipuan dan kegiatan yang dilarang;
        4. Untuk memproses pembayaran;
        5. Untuk tujuan audit, tujuan berdasarkan peraturan, dan kepatuhan terhadap standar industri yang diberlakukan (namun tidak terbatas pada menanggapi permintaan penyelidikan, atau arahan peraturan);
        6. Untuk meningkatkan mutu akan layanan MPS maupun dalam rangka pengembangan produk dan customer service;
        7. Untuk melakukan monitor jumlah dan pola transaksi yang terjadi;
        8. Untuk kepentingan administrasi serta untuk kepentingan pencegahan, mendeteksi dan penindakan atas kegiatan yang dilarang, ilegal, tidak sah maupun adanya kecurangan (fraud prevention)
        9. Untuk menyediakan layanan yang Merchant akan gunakan termasuk komunikasi dan mengirimkan informasi sehubungan dengan transaksi yang dilakukan menggunakan layanan MPS;
        10. Untuk mengirimkan komunikasi pemasaran, survei, dan informasi lainnya secara langsung serta informasi tentang penawaran khusus mengenai layanan MPS maupun mitra MPS.
      2. Penggunaan Informasi Pelanggan
        1. Untuk melakukan komunikasi dan mengirimkan informasi sehubungan dengan transaksi yang dilakukan dengan menggunakan layanan MPS;
        2. Untuk mengidentifikasi sebagai Pelanggan dan untuk mengadministrasikan dan/atau memverifikasi akun Pelanggan;
        3. Untuk meningkatkan mutu layanan MPS;
        4. Untuk memberitahu Pelanggan atas transaksi atau aktivitas yang terjadi dalam aplikasi atau sistem lainnya yang terhubung dengan layanan MPS;
        5. Untuk memungkinkan MPS mematuhi semua kewajiban dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku (namun tidak terbatas pada menanggapi permintaan penyelidikan, atau arahan peraturan);
        6. Untuk memantau dan menganalisis aktivitas, perilaku, dan data demografis Pelanggan termasuk kebiasaan dan penggunaan berbagai layanan yang tersedia;
    1. Pengungkapan Informasi Pribadi

MPS tidak menjual maupun menyewakan Data Pribadi kepada pihak pemasaran atau pihak ketiga yang tidak terafiliasi dengan MPS. MPS hanya mengungkapkan atau membagikan informasi pribadi Merchant maupun Pelanggan untuk tujuan yang diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku, sehubungan dengan hal tersebut MPS akan membagikan data pribadi dengan pihak yang terpercaya kepada:

      1. Afiliasi MPS, MPS membagikan data dengan entitas-entitas yang mengendalikan MPS atau yang MPS kendalikan. Hal ini bertujuan untuk menyediakan layanan MPS;
      2. Penyedia Jasa MPS, MPS membagikan data dengan penyedia jasa yang membantu MPS menyediakan layanan. Penyedia jasa membantu MPS dalam hal-hal seperti pemrosesan pembayaran (dalam hal ini : bank maupun penyedia metode pembayaran), hosting situs, analisis data, teknologi informasi dan infrastruktur terkait;
      3. Merchant, MPS membagikan data kepada Merchant sebagaimana diperlukan untuk memproses pembayaran atau menyediakan Layanan. MPS membagikan data dengan pengguna-pengguna mengenai pembelian-pembelian yang dilakukan oleh Pelanggan mereka melalui layanan pemrosesan pembayaran MPS;
      4. Pihak ketiga. MPS akan membagikan data dengan pihak ketiga dalam hal reorganisasi, penggabungan, penjualan, usaha patungan, pengalihan, transfer atau pelepasan lain atau semua atau segala bagian dari usaha; dan
      5. Aparat Penegak Hukum maupun regulator yang mengawasi MPS. MPS akan menggunakan dan mengungkapkan data yang menurut MPS diperlukan.
    1. Penyimpanan Informasi Pribadi

Data pribadi Merchant maupun Pelanggan hanya akan disimpan selama diperlukan untuk memenuhi tujuan dari pengumpulannya, atau selama penyimpanan tersebut diperlukan atau diperbolehkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. MPS akan berhenti menyimpan data pribadi, atau menghapus data pribadi tersebut, setelah dianggap pengumpulan dan/atau penyimpanan informasi pribadi tidak lagi diperlukan untuk tujuan bisnis atau secara hukum.

    1. Akses dan Koreksi Informasi Pribadi
      1. Dengan tunduk pada peraturan perundang-undangan yang berlaku, Merchant dapat meminta MPS untuk mengakses, mengoreksi, dan memperbaharui data pribadi Merchant yang berada dalam penguasaan MPS, dengan menghubungi MPS melalui detail kontak pada poin 11
      2. MPS berhak menolak permintaan Merchant untuk memperbaiki Sebagian maupun keseluruhan data pribadi Merchant yang MPS miliki atau kuasai jika diizinkan atau diperlukan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.
    2. Jangka Waktu Penyimpanan

MPS akan menyimpan data pribadi selama jangka waktu yang diperlukan untuk memenuhi tujuan-tujuan yang diuraikan dalam Kebijakan Privasi ini kecuali suatu jangka waktu lebih lama disyaratkan atau diperbolehkan berdasarkan peraturan perundang-undangan. Perlu dipahami bahwa MPS memiliki kewajiban untuk menyimpan data pribadi yang Merchant maupun Pelanggan sediakan kepada MPS, termasuk untuk menjamin bahwa transaksi-transaksi dapat diproses dengan pantas, diselesaikan, dikembalikan, atau dibebankan Kembali, untuk membantu mengidentifikasi penipuan dan untuk mematuhi peraturan perundang-undangan anti pencucian uang dan peraturan perundang-undangan yang berlaku kepada MPS dalam menjalankan layanannya. Dengan demikian, dalam hal Merchant menutup atau berhenti menggunakan layanan MPS, maka MPS akan menyimpan data tertentu untuk memenuhi kewajiban MPS.

    1. Materi Pemasaran dan Promosi

MPS, afiliasi MPS dan/atau mitra MPS dapat mengirimkan Merchant materi pemasaran secara langsung, iklan, dan komunikasi promosi melalui aplikasi, pesan melalui aplikasi, pos, panggilan telepon, layanan pesan singkat (SMS), dan email dalam hal Merchant menyetujui untuk menerima materi pemasaran dan promosi dari MPS. Merchant dapat memilih untuk tidak menerima komunikasi pemasaran tersebut kapan saja dengan mengklik “berhenti berlangganan” yang ada di dalam pesan yang bersangkutan atau Merchant dapat menghubungi customer service MPS melalui detail kontak yang tercantum pada poin 14.

    1. Perubahan Kebijakan Privasi

MPS akan meninjau dan mengubah Kebijakan Privasi ini atas kebijakan MPS sendiri untuk memastikan bahwa Kebijakan Privasi ini konsisten dengan perkembangan MPS di masa yang akan datang, dan/atau perubahan persyaratan hukum atau peraturan dari waktu ke waktu. Merchant setuju bahwa perubahan tersebut akan menggantikan kebijakan Privasi sebelumnya dan berlaku surut. Dalam hal MPS memutuskan untuk mengubah Kebijakan Privasi ini, MPS akan memberitahu Merchant tentang perubahan tersebut melalui pemberitahuan umum yang dipublikasikan pada situs web, dashboard MPS maupun alamat e-mail yang tercantum dalam akun Merchant. Merchant juga menyetujui bahwa pengungkapan dan pemberitahuan yang disampaikan secara elektronik memiliki dampak yang sama dengan apabila MPS memberikan kepada Merchant pemberitahuan dalam bentuk fisik.

    1. Keamanan dan Perlindungan Informasi Pribadi

Kerahasiaan data pribadi Merchant adalah hal yang terpenting bagi MPS, oleh karena itu MPS akan senantiasa memberikan upaya keamanan yang wajar dan maksimal untuk melindungi dan mengamankan seluruh data pribadi Merchant yang TELKOM kumpulkan secara online melalui seluruh kanal yang MPS sediakan. Seluruh data pribadi yang MPS kumpulkan akan dilindungi dan dijaga kerahasiaannya, sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. MPS menjamin bahwa dengan memenuhi standar ISO 27001, yang berkaitan dengan keamanan data, termasuk terhadap perlindungan konsumen, penjagaan kerahasiaan dan juga pemusnahan informasi. Namun, pengiriman informasi melalui internet tidak sepenuhnya aman, namun MPS akan selalu berusaha sebaik mungkin untuk melindungi data pribadi Merchant. Dalam hal ini Merchant mengakui bahwa MPS tidak dapat menjamin keutuhan dan keakuratan data pribadi apa pun yang Merchant kirimkan melalui internet, atau menjamin bahwa data pribadi tersebut tidak akan dicegat, diakses, diungkapkan, diubah atau dihancurkan oleh pihak ketiga yang tidak berwenang, karena faktor-faktor di luar kendali MPS. Oleh sebab itu Merchant bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan detail akun Merchant serta kode autentikasi yang dikirimkan kepada nomor telepon Merchant sehubungan dengan transaksi yang Merchant lakukan melalui layanan MPS.

    1. Persetujuan dan Pengakuan

Dengan mengakses website MPS, melakukan pendaftaran, dan menggunakan layanan MPS, maka Merchant mengakui bahwa Merchant telah membaca dan memahami Kebijakan Privasi ini dan menyetujui segala ketentuan yang terdapat pada Kebijakan Privasi ini. Secara khusus, Merchant setuju dan memberikan hak kepada MPS untuk mengumpulkan, menggunakan, membagikan, mengungkapkan, menyimpan, mentransfer, atau mengolah segala informasi yang telah TELKOM peroleh sesuai dengan ketentuan kebijakan privasi ini.

Dalam hal keadaan dimana Merchant memberikan kepada MPS yang berkaitan dengan individu lain (seperti informasi pribadi yang berkaitan dengan Merchant maupun pihak lain), dengan ini Merchant menyatakan dan menjamin bahwa Merchant telah memperoleh persetujuan dari pihak yang berkaitan dengan Merchant untuk, dan dengan ini menyetujui atas nama pihak-pihak yang berkaitan untuk pengumpulan, penyimpanan, penggunaan, pengungkapan, pemrosesan dan penghapusan informasi pribadi oleh MPS. Merchant dapat menarik persetujuan Merchant untuk setiap atau segala pengumpulan penggunaan atau pengungkapan informasi pribadi Merchant dengan memberikan pemberitahuan secara tertulis kepada MPS dengan rincian kontak sebagaimana yang disebutkan dalam Poin 11 Kebijakan Privasi ini. Merchant harus memahami dan mengakui bahwa setelah penarikan persetujuan yang diajukan, Merchant tidak dapat menggunakan layanan MPS. Permintaan penghentian persetujuan dapat mengakibatkan penghentian layanan MPS atau hubungan kontraktual dengan MPS, dengan semua hak dan kewajiban yang muncul sebelumnya harus dipenuhi terlebih dahulu. MPS akan menginformasikan kepada Merchant terkait akibat yang akan terjadi setelah adanya penarikan persetujuan yang selanjutnya Merchant dapat memutuskan persetujuan sebagaimana dimaksud.

    1. Cara Menghubungi tim MPS

Kebijakan ini merupakan satu kesatuan dari syarat dan ketentuan penggunaan layanan MPS. Dalam hal website MPS dalam gangguan atau jika terdapat pertanyaan lain mengenai kebijakan privasi ini atau apabila Merchant ingin memperbarui informasi pribadi atau Merchant ingin menarik persetujuan Merchant yang berkaitan dengan kebijakan privasi ini, makan Merchant dapat menghubungi tim MPS ke e-mail service@mpstelkom.id.

Dengan great spirit 3 S (Solid, Speed, Smart) jajaran Senior Leader beserta seluruh jajaran TELKOM berkomitmen untuk:

  1. Memenuhi harapan Stakeholder dengan mewujudkan Confidentiality, Integrity dan Availlability informasi melalui implementasi ISO/IEC 27001:2013

  2. Selalu mentaati segala ketentuan dan peraturan terkait keamanan informasi yang berlaku di wilayah Republik Indonesia serta wilayah tempat dilakukannya pekerjaan

  3. Berjalannya perbaikan yang berkesinambungan terhadap kinerja Sistem Manajemen Keamanan Informasi.

Ingin tahu lebih lanjut?

Hubungi kami dan kembangkan bisnis kamu bersama MPS.

Hubungi bagian penjualan
Demo