Ketahuilah Manfaat Invoice Online bagi Bisnismu


Thumbnail

Di era digital ini, segala aktivitas yang dilakukan menjadi lebih mudah salah satunya yaitu pembuatan invoice atau tagihan. Kini telah hadir invoice elektronik atau lebih dikenal dengan e-invoice yang dapat mempermudah aktivitas bisnis Anda dalam proses pembuatan tagihan secara cepat kepada customer yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja untuk melakukan transaksi pembayaran secara real time, sehingga Anda tidak perlu lagi membuat invoice secara manual yang dapat memakan banyak waktu dalam merekapitulasi total invoice dan dapat menyebabkan keterlambatan pada saat penagihan bahkan mengakibatkan pembayaran yang tidak tertagih. 

Untuk menggunakan e-invoice ini, Anda harus terlebih dahulu mengintegrasikan bisnis Anda dengan sistem pembayaran yang dapat membantu Anda dalam pembuatan invoice. MPS sebagai payment gateway khusus untuk bisnis/merchant internal Telkom kini siap membantu Anda dalam pembuatan e-invoice yang dapat memudahkan Anda dalam melakukan tagihan pembayaran kepada customer Anda. 

Berikut ini merupakan beberapa manfaat jika Anda menggunakan e-invoice bagi bisnis Anda.

Meningkatkan efisiensi dan efektivitas

Dengan menggunakan e-invoice, Anda tidak perlu lagi memakai kertas dalam membuat invoice karena invoice dilakukan secara online. Penggunaan e-invoice ini dapat menekan biaya operasional dan Anda dapat menghemat waktu karena proses pembuatan invoice tidak lagi dilakukan secara manual sehingga waktu Anda yang semula tersita dalam membuat invoice namun kini Anda dapat menggunakan waktu Anda dalam melakukan pekerjaan lain yang lebih produktif.

Manajemen yang lebih baik

Dalam mengelola bisnis yang lebih baik, Anda harus memiliki sistem yang efisien dalam membuat, mengirim, ataupun melacak invoice customer. Dengan menggunakan  e-invoice Anda tidak perlu khawatir tentang kegiatan tersebut, karena dengan e-invoice Anda dapat lebih mudah membuat dan mengirim invoice kapan pun dan dimana pun. Selain itu, Anda juga lebih mudah saat melakukan pelacakan invoice. Anda juga tidak perlu lagi mencari satu per satu invoice yang belum dibayar customer karena akan secara otomatis terlihat dalam sistem Anda apakah customer sudah melakukan pembayaran atau belum. 

Meningkatkan integrasi data

Dengan e-invoice, semua data invoice akan terintegrasi sehingga memudahkan Anda dalam menerima invoice dari customer. Dengan data yang terintegrasi juga memberikan kemudahan Anda dalam memvalidasi data karena validasi data invoice tersebut akan terlaksana secara otomatis dengan sistem. 

Memudahkan kegiatan dalam pengauditan

Anda dapat melakukan pengecekkan invoice kapan saja dan di mana saja tanpa membutuhkan waktu yang lama. Data tentang kapan invoice dikirim atau apakah invoice sudah dibayar tepat waktu bisa Anda dapatkan dengan mudah dengan e-invoice. Jadi, apabila ada kegiatan pemeriksaan secara tiba-tiba Anda tidak perlu khawatir lagi karena seluruh data invoice akan tersimpan dengan rapi di dalam sistem yang ada.

Reputasi bisnis akan dipandang lebih baik

Reputasi bisnis Anda akan dipandang lebih baik kepada customer Anda apabila Anda memiliki sistem  yang efektif dan efisien dalam memproses pembuatan invoice sehingga customer dapat lebih mudah melakukan transaksi pembayaran. Dengan sistem, Anda dapat melihat apakah invoice telah dikirim, telah dibayar, ataupun belum dilakukan penagihan sehingga Anda tidak perlu melakukan pengecekan secara manual apalagi harus memastikan kepada customer Anda apakah dia telah melakukan pembayaran atau belum. Hal tersebut memperlihatkan bahwa Anda tidak profesional. 

Itulah berbagai manfaat dari e-invoice. Untuk membuat dan mengirim invoice secara online, Anda dapat menggunakan MPS sebagai sistem pembayaran yang dapat mendukung proses pembuatan invoice dan pembayaran secara real time. Selain itu, Anda bisa mendapatkan pembayaran invoice lebih cepat dan mudah karena MPS memberikan berbagai macam metode pembayaran yang memudahkan customer Anda dalam melakukan pembayaran. Dengan e-invoice, Anda tidak perlu lagi mengingatkan customer satu per satu untuk membayar invoice. Anda juga tidak akan salah lagi dalam melakukan penagihan. 

Maka dari itu, segera daftarkan bisnis/merchant Anda dengan MPS karena MPS sebagai solusi sistem pembayaran yang aman, mudah, dan cepat.