Peluang Digitalisasi Merchant


Thumbnail

Saat ini, tuntutan terhadap layanan keuangan yang cepat, efisien, dan aman semakin menguat seiring dengan pengalaman baru konsumen yang dimanjakan oleh layanan baru yang serba praktis. Hal tersebut membuat para pebisnis semakin gencar untuk bersaing dalam mendigitalisasikan produk mereka demi kenyamanan pelanggan mereka dalam melakukan pembayaran.

Disamping dapat menjangkau pasar yang luas, digitalisasi produk juga memudahkan konsumen dalam melakukan transaksi pembayaran tanpa harus ke gerai. Hal ini dapat meningkatkan penjualan Anda. 

Berikut ini terdapat beberapa fenomena yang terjadi di Indonesia sehingga bisnis Anda dapat berpeluang lebih besar untuk berkembang jika Anda mendigitalisasikan produk Anda. 

Populasi

Sumber : Statistik Indonesia 2020

Indonesia memiliki populasi penduduk terbesar keempat di dunia dan memiliki lebih dari 67% penduduk usia produktif. Fenomena tersebut berpotensi besar untuk menyerap arus digitalisasi. Animo masyarakat terus meningkat seiring dengan menguatnya literasi digital. 

Grafik diatas mencerminkan semakin populernya metode pembayaran secara online yang umumnya dilakukan dengan perangkat mobile. Tren tersebut diperkirakan terus menguat di Indonesia.

Unbanked People

Unbanked people adalah masyarakat yang sudah cukup umur tetapi belum memiliki rekening bank, oleh karenanya tidak memiliki akses layanan perbankan dasar seperti tabungan.

Indonesia memiliki peringkat pertama pada 5 negara ASEAN yaitu sebesar 92 juta jiwa masyarakat Indonesia yang masih unbanked. Hal tersebut dapat membuka peluang pasar yang lebih besar lagi karena kemudahan akses teknologi yang semakin terjangkau saat ini, memungkinkan partisipasi segmen masyarakat yang selama ini tidak terjangkau layanan keuangan bisa teratasi. 

Rendahnya level inklusi keuangan juga dapat merefleksikan peluang penetrasi pasar digital di Indonesia yang terbuka lebar.

Pengguna

Sumber : Bank Indonesia 2019

Indonesia merupakan negara dengan ukuran ekonomi internet yang kuat. Menurut Bank Indonesia, pada tahun 2025, ukuran pasar internet Indonesia diproyeksikan mencapai 100 miliar dolar AS atau tertinggi di ASEAN. Daya tarik tersebut berhasil menyedot arus masuk modal, baik dalam maupun luar negeri, dalam skala besar ke banyak start-up fintech dan e-commerce di Indonesia.

Pelaku 

Sampai dengan September 2019, terhitung sebanyak 272 pelaku fintech dan 200 pelaku e-commerce hadir di Indonesia. Tak heran bila bisnis platform online, khususnya fintech dan e-commerce, tumbuh subur di Indonesia.

Sudah  saatnya produk/merchant Anda digitalisasikan untuk menjangkau pelanggan Anda lebih luas lagi yang akan berdampak pada peningkatan pendapatan Anda dan MPS hadir menyediakan sistem pembayaran yang siap membantu Anda dalam mengembangkan bisnis Anda.

Dukung bisnis Anda dengan MPS dan integrasikan merchant Anda dengan Kami sekarang