Transaksi Kartu Debit dan Kredit Selama Pandemi, Menurun?


Thumbnail

Peraturan terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dikeluarkan oleh pemerintah membuat masyarakat harus mengurangi aktivitas yang ada di luar rumah salah satunya yaitu aktivitas perbelanjaan. Hal tersebut berdampak pada sebagian kebiasaan masyarakat Indonesia dalam menggunakan kartu debit dan kredit untuk melakukan transaksi pembayaran menjadi berkurang. Dikarenakan sekarang semakin banyak produk-produk digital yang dapat membantu masyarakat dalam bertransaksi sehingga masyarakat tidak perlu lagi kontak fisik kepada penjual dan dapat mengurangi penggunaan uang tunai dimana uang tunai tersebut bisa menjadi salah satu media penyebaran virus Covid-19.

Simak lebih lanjut terkait dengan tren transaksi pembayaran menggunakan kartu debit dan kartu kredit selama tahun 2016 hingga masa pandemi berlangsung.

Kartu Debit

Grafik diatas menunjukkan bahwa telah terjadi penurunan volume transaksi kartu debit sebesar 8% dan nominal  transaksi kartu debit sebesar 11% selama satu tahun terakhir. Berbeda dengan periode sebelumnya, transaksi kartu debit mengalami peningkatan selama empat tahun berturut-turut mulai dari tahun 2016 hingga 2019. 

Meskipun sempat mengalami penurunan transaksi di bulan April dan Juni, transaksi kartu debit mengalami peningkatan volume sebesar 22% dan peningkatan nominal sebesar 23% dari bulan Juni ke bulan Juli. 

Kartu Kredit

Berdasarkan data dari Bank Indonesia, jumlah nominal transaksi kartu kredit mengalami penurunan sebanyak Rp 51 juta atau turun sebesar 26%. Padahal, tren transaksi kartu kredit mengalami peningkatan selama empat tahun berturut-turut sejak tahun 2016 hingga 2019.

Berbeda dengan tren kartu debit sepanjang tahun 2020, transaksi kartu kredit mengalami penurunan selama lima bulan pertama mulai dari Januari hingga bulan Mei. Volume transaksi kartu kredit mengalami peningkatan dari bulan juni sebesar 21 juta transaksi menjadi 22 juta transaksi di bulan juli atau tumbuh sebesar 3%. Meskipun mengalami peningkatan, transaksi pada tahun 2019 masih lebih besar dibandingkan dengan tahun 2020.Meskipun secara keseluruhan tren transaksi kartu kredit mengalami penurunan, tetapi menurut Steve Marta, selaku Direktur Eksekutif Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) mengatakan bahwa tren penurunan kartu kredit tersebut tidak akan berlangsung lama, karena ketika masyarakat sudah bisa berkegiatan normal, maka transaksi kartu kredit akan kembali meningkat.